Senin, 08 Maret 2010

TIDAK ADA HARI SIAL ATAU HARI UNTUNG

Sebenarnya Tuhan tidak pernah menciptakan ada hari sial dan hari tidak sial bagi siapa saja. Namun kita selaku manusia saja yang menciptakan berbagai macam pemahaman yang aneh – aneh terhadap adanya sial atau tidak sial. Oh ya kenapa saya tiba – tiba membicarakan tentang Sial ? Ya karena ada dikalangan masyarakat yang menganggap Tahun 2009 adalah tahun yang penuh kesialan.
Ada pepatah Tukang kayu yang selalu menjadi pegangan saya selama ini adalah : “bahwa Tukang kayu yang tidak ahli akan selalu menyalahkan peralatannya”. Begitu pula manusia akan selalu mencari penyebab daripada mencari solusi. 90 persen lebih senang mencari – cari siapa yang salah dan mengkambinghitamkan, sedangkan 10 persennya baru mencari solusinya.
Seorang penjual ikan akan menyalahkan nasibnya sial, jika ikannya tidak laku – laku. Ia akan menyalahkan isterinya, ia akan menyalahkan anaknya. Dst.nya. Seorang petani akan menyalahkan hari dimana ia mulai menanam bibit padi, ketika panennya gagal. Seorang pengusaha akan menyalahkan anak buahnya, jika tiba – tiba produksinya menurun. Seorang Kepala Sekolah akan menyalahkan staft dan gurunya, jika tiba – tiba murid berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar