Senin, 08 Maret 2010

THE AVATAR

Upaya mengawinkan antara Ras Manusia dengan Ras Makhluk Fantasy

Istilah Avatar yang digunakan dalam filem ini memang bercerita tentang Dunia Avatar, atau dunia dimana seorang manusia memiliki wujud lain didunia luar. Istilah Avatar sendiri biasa digunakan di Internet, dimana seorang user memiliki karakter yang bisa ditentukan terserah kita. Misalnya jika kita didunia nyata seorang lelaki gembrot dan jelek, maka di dunia Maya kita bisa memilih penampilan seorang karakter yang gagah dan tampan.
Di Filem ini sekelompok Ilmuwan telah merancang sebuah project, dimana manusia bisa masuk kedunia khayalan yang bernama Pandora. Dunia Pandora sendiri memang nyata adanya, yaitu di sebuah Planet misterius yang telah ditemukan oleh manusia. Namun karena kesulitan berkomunikasi dengan makhluk pribumi, maka diciptakan lah project yang dinamakan Project Avatar. Dimana manusia bisa masuk kedunia Pandora dengan menggunakan fisik dan tampilan yang sama dengan makhluk pribumi.
Upaya itu cukup berhasil, makhluk pribumi bisa berinteraksi dengan para Avatar tersebut, bahkan bisa saling berkomunikasi dan membagi pengetahuan. Ternyata dunia Pandora memang sangat menarik. Sebuah dunia yang dihuni oleh makhluk – makhluk khayali dan fantasy. Dimana mereka juga hidup beranak pinak, tua dan mati. Kehidupan mereka berpusat pada sebuah pohon raksasa yang dinamakan pohon kehidupan.
Namun ternyata dibawah pohon tersebut tersembunyi bahan tambang yang sangat mahal harganya dan menjadi incaran tim manusia yang didukung oleh militer yang memiliki peralatan canggih.
Jack, salah satu manusia pincang yang memiliki Avatar didunia Pandora mendapat tugas selama 3 bulan untuk berupaya memindahkan penduduk asli tersebut ketempat lain. Agar pohon tersebut bisa diambil alih manusia. Namun alih – alih melaksanakan tugas tersebut. Jack malah hanyut dalam dunia tersebut, disana bahkan ia jatuh cinta kepada anak Kepala Suku dan memutuskan untuk menikah.
Karena gagal melaksanakan tugas tersebut, para pimpinan Jack memutuskan untuk mengambil paksa wilayah tersebut dengan cara kekerasan. Melihat kekerasan yang dilakukan para pimpinannya, Jack memutuskan untuk melakukan perlawanan, bersama dengan para klan penghuni dunia Pandora. Tetapi karena kalah persenjataan, pasukan Jack satu demi satu tewas, termasuk para penduduk Pandora.
Jack pun memutuskan untuk berdoa kepada Sang Penguasa Misterius Dunia Pandora, agar ia dibantu. Dan benar saja, tiba – tiba makhluk khayali yang ada didunia Pandora tiba – tiba menyerang pasukan manusia. Dan kemenanganpun dicapai oleh Jack.
Karena terlanjur jatuh cinta dengan kondisi dimana Avatarnya berada, Jack pun memutuskan untuk pindah secara totalitas kedalam Avatarnya. Ia pun menjadi bagian dari dunia fantasy Pandora.
Kalau melihat Filem ini, kita bisa melihat upaya memadukan antara dunia khayalan yang penuh dengan fantasy dengan kehebatan persenjataan militer modern manusia. Jika filem khayalan seperti Lord Of The Ring, Narnia, dan lainnya menampilkan dunia khayalan / fantasy, maka Avatar memadukan antara dunia fantasy dengan kecanggihan persenjataan modern. Sebuah upaya yang cukup menarik. Mengingat Sutradara yang sama memang telah berpengalaman membuat filem dahsyat seperti Terminator dan Titanic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar