Senin, 08 Maret 2010

APAKAH ADA KORELASI ANTARA

APAKAH ADA KORELASI ANTARA
GELAR SARJANA DENGAN KESUKSESAN
( Kalau ada tolong kasih tahu saya )

Apakah memang perlu gelar kesarjanaan itu agar hidup ini sukses. Barangkali hanya segelintir orang yang berani mengatakan tidak perlu. Karena segelintir orang itu adalah orang – orang yang sukses, namun tidak memiliki bekal kesarjanaan yang layak. Bahkan ada yang SD atau SMP aja tidak lulus, namun justeru menjadi orang sukses. Barangkali dalam kajian kali ini ada dua hal yang akan saya bicarakan, yaitu Gelar kesarjanaan dan arti sukses yang seperti apa ? Apakah memang keduanya memiliki korelasi ataukah justeru tidak ada korelasinya.
Kalau Insan ( manusia ) yang hidupnya Wajar, barangkali kita bisa merunut sebagai berikut : 1. Lahir kemuka bumi, 2. memasuki dunia pendidikan : TK – SD – SMP – SMA – Perguruan Tinggi – Mencari Pekerjaan atau membuat Pekerjaan – sukses ( Sukses ekonomi – sukses keluarga – sukses di Masyarakat ).
Sedangkan Insan yang hidupnya tidak wajar : 1. Lahir kemuka bumi ( bisa dalam keadaan kaya atau miskin ), 2. memasuki dunia pendidikan ( bisa lurus, bisa tidak tentu alias macam – macam : bisa tidak lulus atau tidak naik, bisa pula tidakbisa meneruskan karena faktor biaya ). 3. latar belakang yang tidak wajar tadi bisa berdampak kepada si Insan tadi, jika ia lalu tidak menyerah, alias berfikir kreatif dan sejenisnya, maka Insan tersebut bisa saja lalu membuat lapangan pekerjaan baru atau memiliki ide kreatif yang luar biasa, sehingga kemudian ia justeru bisa sukses tanpa gelar.
Sekarang tinggal kemana muara akhir perjalanan seseorang, memang gelar kesarjanaan itu perlu dan penting, khususnya jika ingin mendapatkan pekerjaan yang layak disebuah perusahaan yang besar. Yang pada gilirannya bisa meraup uang yang banyak. Namun tidak menutup kemungkinan seseorang yang tidak punya gelar atau putus sekolah justeru mampu sukses dibandingkan dengan yang satunya tadi. Kalau yang satunya tadi justeru berkerja di Perusahaan, yang satunya malah menjadi pemilik perusahaan.
Saya pernah menemukan sebuah tulisan tentang perbedaan antara orang pintar dan orang bodoh ( walaupun tulisan itu ditulis dengan gaya bercanda , tapi menurut saya benar jika dilihat dialam nyata ). Salah satunya adalah : orang pintar berfikir untuk mendapatkan uang, sedangkan orang yang bodoh tidak perlu berfikir karena ia bisa membayar orang pintar untuk berfikir.
Sungai Kunjang , 20 Oktober 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar