Senin, 04 Februari 2013

TEKNOLOGI KOMPUTER HANYA ALAT BANTU BAGI UMMAT MANUSIA BUKAN MANUSIA YANG JADI BUDAK KOMPUTER


 
Mungkin aku memang ditakdirkan untuk menjadi seorang Pencatat dan harus menuliskannya agar bisa dibaca oleh orang – orang lain, khususnya generasi yang akan datang. System pencatatan di zaman sekarang barangkali sudah jauh beda dibandingkan dengan yang dilakukan orang – orang terdahulu, seperti menulis di batu, di daun lontar atau pun di kertas. Zaman sekarang sudah ada yang namanya computer. Setelah ditulis menggunakan computer, langsung bisa kita upload ke dunia maya. Entah ke sebuah situs atau pun blog yang memang untuk disediakan untuk menampung semua itu. Jika sudah ada disana, maka siapa saja dan kapan saja bisa membacanya. Selama dunia masih ada networking system cyberspace, maka tulisan apa saja, foto apa saja, file, dokumen, suara, film, video, aplikasi dan program apa saja bisa di akses manusia. Entah si manusia berada di mana, di WC, di rumah, di kantor, di Sekolah, di gunung atau pun di angkasa luar.
Entah, apakah aku harus bersyukur hidup di zaman sekarang ini. Hidup dipintu gerbang alam maya. Hidup diantara garis – garis horizontal dan vertical limit digital. Tapi apapun opini anda, kita harus menyadari bahwa kita hidup di zaman serba digital, entah itu cara berkomunikasi, cara menikmati hiburan, cara menikmati berkerja dan “ istilah computer sebagai pembantu manusia” benar – benar terealisasikan secara tuntas. Walaupun sisi kelemahan dan kekurangan tetap ada.
Setiap program yang sempurna, pastilah ada titik kelemahan dan titik kekurangannya. Karena si pembuat, toh, hanyalah makhluk biasa. Makhluk ciptaan yang memiliki kekurangan dan kelebihan.
Kesimpulannya, bahwa dengan kemajuan manusia di zaman sekarang khususnya dibidang tekhnologi dan komunikasi bukan sesuatu yang harus dipuja – puja apalagi sampai kita per-Tuhan-kan. Teknologi hanyalah alat bantu manusia, tidak lebih dan tidak kurang. Justeru dengan teknologi kita bisa mencapai keimanan yang lebih berkualitas dan lebih bermanfaat bagi orang banyak.
25 Oktober 2012 – Loa Duri Ilir Village

Tidak ada komentar:

Posting Komentar